Setelah post lalu mimin mengenalkan tentang motor mimin, yaitu BeAT. Kali ini mimin akan membagi tips agar motor BeAT ente lebih ganasss :) . Langsung saja !
Mengenal Honda BeAt
Honda Beat adalah sepeda motor matic
andalan dari Astra Honda Motor yang dipasarkan di dalam negeri. Skuter
otomatis dengan penampilan modis ini pertama kali dirilis pada 2008,
Beat mendapatkan penjualan yang laris sehingga penggendara Beat semakin
membludak di jalanan tanah air.
Honda Beat mendapatkan saingan berat
dari beberapa skuter otomatis dari pabrikan Jepang lainnya, semisal
Yamaha Mio, Suzuki Spin, dan Yamaha Nouvo.
Honda Beat 2014 yang sudah dirilis dan dapat dibeli konsumen menyediakan varian Power Black yang mempunyai kombinasi warna eye catching yaitu dominasi warna dasar hitam dipadu grafis kuning yang kontras.
Varian Samba Orange lebih berani dan sporty dengan perpaduan warna orange dan putih. Masih ada pilihan warna Beat lainnya yaitu : Techno White, Funk White, Hard Rock Black, dan Electro Red.
Bagian dapur pacu skuter otomatis ini mempunyai mesin irit BBM yaitu mesin berkapasitas 110 cc berteknologi fuel injection PGM-FI. Terdapat beberapa fitur semisal bagasi yang cukup luas berukuran 11,2 liter, Brake Lock, pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) dan standar samping otomatis (Side Stand Switch).
Sebelum kita
membahas masalah Korek Mesin, Bore-Up, atau Rombak Mesin Honda BeAt.
terlebih dahulu kita mengenal seperti apa sih tenaga standar dari
pabrik. Honda BeAT merupakan salah satu produk andalan dari PT Astra
Honda yang dilengkapi dengan tipe mesin 4 Langkah OHC dan berkapasitas
110cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 8.52 PS pada putaran mesin
8000 RPM dan torsi maksimalnya 0,89 Kg.m pada putaran mesin 6500 RPM.
Cara Membuat Motor Honda Beat Kencang Tanpa Bore Up
Berikut adalah cara modifikasi Honda Beat yang dijelaskan per bagian yaitu :
1. Roller
Langkah pertama adalah mengatur ulang CVT dengan cara menurunkan bobot roller untuk memudahkan mengatur upgrade performa non bore-up yang sudah dirancang. Para bikers hanya membutuhkan sedikit penurunan bobot roller, cukup dikurangi 2 gram dari roller standar bawaan skuter otomatis ini.
Roller standar dari BeAT adalah 12 gram
maka diganti dengan roller seberat 10 gram yang bisa dipilih dari
beberapa merek semisal CLD, KTC, TDR kawahara, dan lainnya.
Cara praktis lain yang bisa dilakukan
yaitu memperbesar lubang diameter roller original BeAT menjadi 5-6 mm,
tujuannya sama yaitu supaya berat roller berkurang sekitar 2 gram.
2. Noken As
Pengaturan buka tutup klep harus diubah
agar lebih baik, langkah praktis yaitu dengan mengganti noken as standar
dengan tipe racing. Pemilik Honda BeAT hanya memerlukan settingan ulang
kerenggangan klep.
Alat yang digunakan adalah fuller gauge,
atur ulang klep inlet pada nilai 0,15-0,20 mm dan bagian exhaust
dirapatkan pada nilai 0,07-0,1 mm.
3. Porting
Motor matic yang masih original dari pabrikan mempunyai dinding pada lubang inlet maupun exhaust dengan tekstur kulit jeruk. Kita hanya perlu menghaluskan bagian exhaust saja, agar proses produksi tenaga hasil pembakaran menjadi maksimal.
Menghaluskan bagian exhaust dikerjakan teknik porting memakai alat tuner atau amplas.
4. Knalpot
Pilihan utama pada knalpot adalah
diganti dengan jenis racing, akan tetapi sebenarnya knalpot bawaan motor
bisa dimodifikasi supaya proses pembuangan asap kendaraan lebih lancar.
5. Spuyer
Pengaturan ulang spuyer tergantung dari
selera si pemilik skuter otomatis ini. Apabila tetap memakai filter
udara, maka pengaturan spuyer dikondisikan kering. Namun jika ingin open
filter maka perbandingan spuyer dirubah menjadi basah.
6. Piston
Para pecinta Beat jika ingin modifikasi
lebih sempurna bisa mengganti piston standar Beat dengan standar Vario
yang memiliki permukaan lebih jenong 1 milimeter, hal ini bertujuan
untuk menaikkan rasio kompresi namun masin aman untuk pemakaian bahan
bakar bensin Premium.
Sekian ulasan cara membuat motor honda
Beat kencang, Anda bisa mengerjakan tips di atas sendiri atau membawa
motor matic ke bengkel terpercaya. Semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar